HMJ BPI FDK UIN Sumut Gelar Webinar Pengenalan Jurusan pada Mahasiswa Baru 2021

Medan, Dinamika Online–Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) UIN Sumut Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) menggelar webinar motivasi dan pengenalan jurusan. Dengan mengusung tema, “Profesionalisme, Inovasi dan Kreativitas BPI di Era Pandemi”. Webinar ini diadakan secara daring via Zoom pada Selasa, 28 September 2021 pukul 13.30 WIB. Dengan menghadirkan Dr. Nurhanifah, M.A. dan Dr. Elfi Yanti Ritonga, M.A. sebagai pemateri.

Ketua HMJ BPI, Syaifullah Akbar menjelaskan tujuan diadakannya webinar sebagai bentuk pengenalan jurusan kepada mahasiswa baru (Maba). “Kita adakan ini sebagai bentuk pengenalan jurusan kepada mahasiswa baru tahun 2021–2022. Sebagai mahasiswa banyak hal yang harus kita patuhi dan perjuangkan, baik unggul dalam moral maupun unggul dalam spiritual, terutama pada jurusan ini. Kita bisa unggul dalam banyak bidang, baik ekonomi, hukum dan sebagainya, karena jurusan kita merangkap semua keahlian yang tidak bisa dimiliki oleh jurusan lain,” ucapnya.

Dr. Nurhanifah, M.A. dalam memaparkan materinya mengatakan bahwa, sebagai mahasiswa BPI harus memiliki nilai jual. “Sebagai mahasiswa Jurusan BPI seharusnya kita memiliki nilai jual yaitu kompetensi-kompetensi yang kita miliki ke jurusan. Seperti konten, dan konseling Islam yang membedakan kita dengan jurusan lain. Mana mungkin kita bisa jadi seorang konselor Islami kalau kita sendiri tidak bisa jadi konselingnya,” katanya.

Lebih lanjut, beliau juga menambahkan Jurusan BPI mampu melahirkan mahasiswa yang sehat mentalnya. “Jurusan BPI mampu melahirkan mahasiswa yang sehat mental, spiritual, inteligensi, profesional serta aktualisasinya. Kita ada untuk membantu dalam menyelesaikan masalah di tengah masyarakat baik masalah ekonomi, pendidikan, dan semuanya karena hidup itu rentetan masalah. Oleh karena itu, jurusan BPI harus punya kreativitas yang tinggi,” tambah Nurhanifah.

Dr. Elfi Yanti Ritonga, M.A. selaku Kepala Laboratorium FDK, juga turut andil dalam memaparkan materinya, menurutnya praktikum konseling itu sangat penting di ranah Jurusan BPI. “Sebagai mahasiswa BPI kita perlu melakukan praktikum konseling, tujuannya untuk melatih keterampilan kita melaksanakan konseling yang sesungguhnya dan memberikan pengalaman baru bagi kita. Untuk itu tak lupa juga saya ucapkan, bahwa kita juga memiliki laboratorium khusus konseling yang dapat digunakan oleh mahasiswa kapan saja yang dapat menambah wawasan saat melakukan praktik langsung,” tuturnya.

Reporter : Mekha Wahyuni

Editor      : Anggia Nurulita