Prodi BPI Mengikuti Pelatihan Anti Plagiasi

Prodi BPI diwakili oleh Muhammad Putra Dinata Saragi, M.Pd.

(Selasa, 28/11) Perpustakaan UIN Sumatera Utara menggelar Acara Workshop Aplikasi Anti Plagirisme di Hotel Nivia Medan. Kegiatan ini langsung dibuka oleh Kepala Perpustakaan Dr. Nurhayati, MA. Dalam sambutannya, kepala perpustakaan memaparkan penting bagi setiap prodi di Lingkungan UIN Sumatera Utara untuk mendukung peningkatan kualitasi Karya Ilmiah Dosen dan Mahasiswa.

Narasumber dari Turnitin Indonesia. Dari Kiri ke Kanan, Nisrina Rifa Salma, A.Md.Li., Chris Ekalaya, S.IP., dan Sastriyati, SE.

Workshop Aplikasi Anti Plagiarisme menghadirkan narasumber langsung dari Turnitin Indonesia, yaitu Chris Ekalaya, S.IP., Sastriyati, SE., dan Nisrina Rifa Salma, A.Md.Li. Menurut pihak Turnitin, aplikasinya melakukan pemeriksaan terkait “Similarity” antara satu dokumen dengan berbagai sumber berbasis daring.

“Terkait dengan ketentuan similarity ini, setiap kampus memiliki masing-masing ketentuan, ada yang menetapkan menggunakan Exclude Small Resources dengan 300 Kata, dan ada juga yang menggunakan 2%” Tutur Narasumber Turnitin Indonesia.

Pada pelatihan ini juga dilatihkan penggunaan aplikasi dimulai dari pendaftaran sampai dapat melakukan pemeriksaan. sehingga selesai pelatihan ini, setiap prodi di UIN Sumatera Utara sudah memiliki akses ke Turnitin.

Fakultas Dakwah dan Komunikasi di wakilkan oleh Dika Sahputra, M.Pd. (Prodi Komunikasi Penyaiaran Islam), Muhammad Putra Dinata Saragi, M.Pd., (Prodi Bimbingan Penyuluhan Islam), Ilham Mirzaya Putra, M.Si. (Prodi Pengembangan Masyarakat Islam), Dr. Soiman, MA. (Prodi Manajemen Dakwah), Dr. Khatibah, MA. (Prodi S3 Komunikasi Penyiaran Islam), Dr. Muniruddi, MA. (Prodi S2 Komunikasi Penyiarah Islam). (22/11).